Kate-kate
judul di pucok itu kerap teaning dikuping kite. tapi bagi budak-budak
ye lahir di tahun 1970-an atau 1980-an mungkin hanye akrab, tapi dekde
mengenal peran dan kedudukannye.
Siape Pesirah, Pembarap, Krie Nggok Penggawe Tu…..?
PESIRAH adalah kepala marga. mungkin setingkat kabupaten mak ini ahi. sedangkan wakilnye disebut PEMBARAP. wewenang dan kedudukan Pembarap adalah mewakili Pesirah bilemane Pesirah dekde ade di tempat.
PESIRAH adalah kepala marga. mungkin setingkat kabupaten mak ini ahi. sedangkan wakilnye disebut PEMBARAP. wewenang dan kedudukan Pembarap adalah mewakili Pesirah bilemane Pesirah dekde ade di tempat.
Di bawah sang PESIRAH, ade pembantu yang disebut KRIE yang kekuasaannye tentu kian ade di bawah atau setingkat dusun mak ini ahi. jadi bolehlah amen KRIE disebut kepala dusun.
Sedangkan di bawah KRIE ade agi yang namenye PENGGAWE atau disebut kepala kampung. ade juge PENGHULU atau KETIP yang tugasnye lebih kepade urusan keagamaan.
Sedangkan di bawah KRIE ade agi yang namenye PENGGAWE atau disebut kepala kampung. ade juge PENGHULU atau KETIP yang tugasnye lebih kepade urusan keagamaan.
Pada
jamannye dulu para PESIRAH dipilih secare terbuka yang uji jeme mak ini
ahi disebut demokrasi. dalam pemilihannye para pemilih atau kontituen
berbaris di belakang PESIRAH yang dipilih. peristiwa ini disebut "PILIH CUMPOK".
(ha.ha. secumpok jeme!) jadi hampir dekde mungkin terjadi kecurangan
atau manipulasi seperti KTP ganda atau memilih di tempat lain seperti
dalam pilkada mak ini ahi.
PESIRAH mendapat gelar DEPATI atau PANGERAN.
mereka
ini dekde kian mengatur "pemerintahan", tapi juge mengatur adat
BUJANG-GADIS dan juge perkawinan di jaman itu. semua aturan ini tertulis
dalam undang-undang berbahasa melayu yang disebut "OENDANG-OENDANG SIMBOER TJAHAJA". SIMBOER TJAHAJA amen dibase ugankan berarti SIMBOHAN CAHAYE atau "percikan cahaya". hebatnye, undang-undang ini lah ade sejak KESULTANAN PALEMBANG pada masa Pangeran Ratu Sending Pura (1623—1630). dan diperbarui pada masa Sultan Abdurrahman Cindai Balang (1651—1696).
secara umum, isi undang-undang ini mengatur hak-hak dan kewajiban masyarakat dalam berbagai tingkatan dan jenis kegiatan. misalkan aturan dusun dan berladang, aturan hukum, serta aturan marge.
Jadi,
amen teaning agi kate-kate PESIRAH, PEMBARAB, KRIE dan PENGGAWE, paling
dekde kita pacak bahwa sistem demokrasi di kesultanan palembang sude
ade sejak awal abad ke 17, jauh lebih awal endai demokrasi yang
didengung-dengungkan oleh jeme barat belakangan ini.
Jadi Ternyate Hang Ugan Lah jauh Lebih Dulu Menjalan Kan Demokrasi dengan Care Kite Diwek, dan Harusnye Ini Menjadi Sebuah Kebangan Tersendiri Bagi Kite.
Secara
etimologis kata “Simbur” dan “Cahaya” berarti “percik” dan “cahaya”.
Undang-Undang Simbur Cahaya adalah nama yang diambil dari nama sumber
hukum adat di pedalaman Palembang (Oendang-Oendang Simboer Tjahaja)
yang disusun sejak masa pemerintahan Pangeran Ratu Sending Pura
(1623—1630). Undang-undang itu diperbarui pada masa Sultan Abdurrahman
Cindai Balang (1651—1696).
Secara
umum, isi undang-undang itu berkenaan dengan penjabaran hak-hak dan
kewajiban anggota masyarakat dalam berbagai tingkatan dan jenis
kegiatan pada masa Kesultanan Palembang. Undang-undang itu semula,
pada masa kesultanan, diberlakukan di daerah sikap dan kepungutan saja. Ketimbang menekankan kewajiban-kewajiban sultan, undang-undang itu lebih menekankan pada kewajiban-kewajiban rakyat
Undang-undang yang diturut di dalam huluan negeri Palembang, Sumber: Undang-Undang Simbur Cahaya tulisan Arab Melayu dalam buku Berg, Mr.L.W.C. van de., Rechtsbronnen van Zuid Sumatra, BK1 43, 1894.
Info bagus
BalasHapusWow dapat ilmu
BalasHapus